Selasa, 23 Juli 2013

Kenali tanda dan gejala wasir

Kenali tanda dan gejala wasir - Gaya hidup kurang gerak dan pola makan kurang serat dapat meningkatkan risiko terjadinya wasir. Terlambat menangani keluhan wasir juga bisa memperparah kondisi wasir.

Wasir atau ambeien merupakan pembesaran sekelompok pembuluh darah balik (vena) yang berada di anus, persis di bawah selaput yang membatasi bagian rektum dan anus. Dalam istilah medis, wasir dikenal dengan nama hemoroid yang sebenarnya adalah sekelompok pembuluh darah vena tersebut.

Meskipun bukan penyakit yang dapat mengakibatkan kematian namun wasir yang sudah parah dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Maka sebelum terjadi wasir yang parah, kita harus cermat mengenali tanda dan wasir agar segera mendapat penanganan.

Tanda dan gejala wasir atau ambeien


Tanda dan gejala wasir umumnya tidak dapat dideteksi dini karena masih belum menimbulkan gejala. Namun tidak ada salahnya memperhatikan tanda-tanda berikut guna mendapatkan perawatan lebih baik dan lebih dini.

1. Rasa panas di anus
Rasa panas terjadi biasanya saat duduk terlalu lama atau sehabis buang air besar (BAB). Rasa panas terdapat di anus akibat penekanan pada vena yang sudah mulai membesar.

2. Ada darah
Adanya darah segar di kertas toilet, di dalam toilet atau pada tinja sehabis BAB. Pembesaran pembuluh darah bisa diakibatkan oleh aktivitas mengejan saat BAB. Lantaran pembuluh vena itu tipis dan mudah pecah, maka bisa saja terjadi pendarahan saat BAB.

3. Ada tonjolan
Pembesaran pembuluh darah dapat berbentuk tonjolan yang keluar dari anus. Biasanya jika sudah mulai ada tonjolan artinya wasir sudah memasuki tahap selanjutnya. Apabila tonjolan masih dapat dimasukan secara spontan ke dalam anus, maka artinya wasir belum terlalu parah namun sudah harus mendapatkan penanganan.

4. Rasa sakit
Rasa sakit terjadi di anus terutama sehabis BAB. Sakit bisa jadi diakibatkan dari pembuluh darah yang pecah, teruatama karena ada penekanan dari feses.

5. Rasa gatal di anus
Rasa gatal dipicu oleh infeksi dari luka pada pembuluh darah yang pecah. Lantaran anus merupakan tempat bermuaranya feses, maka kemungkinan infeksinya juga tinggi.

Faktor Penyebab penyakit Wasir atau ambeien


Sejumlah faktor penyebab wasir atau ambeien adalah termasuk kebiasaan buang air besar tidak teratur (konstipasi atau diare), olahraga, nutrisi (diet rendah serat), peningkatan tekanan intra-abdomen (berkepanjangan tegang), genetika, tidak adanya katup dalam vena hemoroid, dan penuaan.
Faktor lain yang dapat menyebabkan wasir diantaranya adalah :


  • Terlalu lama duduk ( duduk seharian )

  • Menderita diare yang lama  ( diare yang tidak kunjung sembuh )

  • Adanya perubahan hormon esterogen yang meningkat pada wanita hamil

  • Karena faktor keturunan dari penderita wasir

  • Melakukan hubungan sex yang tidak lazim / anal sex

  • Sering mengalami sembelit/konstipasi saat BAB kotoran yang keras menyebabkan seseorang sering mengejan / mengeden saat BA

  • Terjadinya penekanan kembali aliran darah vena

  • Pola makan yang sembarangan ( merokok, sering makan makanan yang pedas dan bersantan, sering minum alkohol dan soda ) dan gaya hidup yang tidak teratur

  • Kurang berolahraga

  • Sering mengangkat beban yang berat-berat

  • Wanita yang hamil, dalam keadaan hamil tekanan rongga perut meningkat karena ada janin dalam kandungan. Kondisi yang sama juga dapat dialami oleh wanita setelah melahirkan karena mengejan.


Pantangan Makanan untuk Penderita Wasir Atau Ambeien


Pantangan makanan bagi penderita Wasir/Ambeien yaitu :

Buah Durian, Buah Salak, Makanan yang bersantan, Cabai, Minuman beralkohol dan bersoda, makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, makanan olahan, makanan yang berlemak, dan makanan serta minuman yang terlalu panas.

Cara Mengobati Wasir/Ambeien


Bagaimana mengobati wasir atau ambeien itu sendiri?. pengobatan yang terbaik untuk Ambeien adalah dari luar dan dari dalam sehingga wasir atau Ambeien benar-benar tuntas dan tidak akan kambuh lagi. obat herbal wasir atau ambeien terbaik adalah K-Muricata.

Obat herbal Ambeien K-Muricata adalah obat herbal perpaduan dari Umbi Keladi Tikus dan Daun Sirsak, yang dipercaya mampu mengobati penyakit wasir atau ambeien.

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk membantu mengobati penyakit dan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain dikenal sebagai obat yang mujarab sebagai antikanker dan antitumor, daun sirsak ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit wasir atau ambeien.

Mengatasi wasir tanpa operasi dengan manfaat daun sirsak obat tradisional wasir akan bisa dirasakan ketika mengonsumsi obat herbal K-Muricata obat ambeien wasir tersebut secara rutin.

Antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak ini sangat ampuh sebagai obat tradisional wasir untuk mengobati infeksi yang mungkin timbul karena peradangan pada bagian dubur yang mengalami benjolan atau pendarahan pada saat buang air besar.

Selain dengan memanfaatkan khasiat daun sirsak, Anda juga perlu menjaga pola hidup Anda. Pola makan yang sehat merupakan cara bijaksana dalam mengobati dan mencegah wasir menjadi semakin parah yaitu dengan makan makanan yang mengandung serat tinggi yang didapat dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayur-mayur. Selain itu aktivitas jalan kaki selama 60 menit, akan sanggup memulihkan fungsi usus agar bisa buang hajat dengan mudah, sehingga mencegah ambeien.


Semoga informasi Kenali tanda dan gejala wasir ini berguna dan bisa membantu Anda yang sedang membutuhkan


Sumber: Kenali tanda gejala wasir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar